Minggu, 02 Oktober 2011

rpp ipa kelas 6 sd



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : VI

Semester                                 : 1 (satu)

Alokasi Waktu                      : 10 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.      Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya


Ciri-ciri khusus makhluk hidup
A.   Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan



o   Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o  Mempelajari ciri khusus :
-   Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-   Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-   Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-   Punuk pada unta.
-   Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-   Semburan air ikan pemanah.
-   Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).


o  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak

o  Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)




Tugas Individu




Laporan







Tugas 1.1
Hlm.3

Tugas 1.2
Hlm.4

Tugas 1.3
Hlm.5

Tugas 1.4
Hlm.8


4 jp

Sumber:
Buku SAINS SD  Kelas VI

Alat:
-  Buku atau majalah


1.2.      Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya



Ciri-ciri khusus makhluk hidup
B.   Ciri ciri khusus beberapa tumbuhan


o   Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o   Mempelajari rongga udara pada teratai
o   Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.
o   Mempelajari bau busuk bunga rafflesia
o   Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.


o  Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.

o  Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.

o  Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.


Tugas Individu








Uraian Objektif




Tugas 1.5
Hlm.9

Tugas 1.6
Hlm.10



Tugas 1.7
Hlm.11

Latihan soal

Uji kompetensi



6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas VI




Alat:
-  Buku atau majalah

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :

Mata Pelajaran      : IPA

Kelas/Program       : VI

Semester                 : 1 (satu)

Alokasi Waktu            : 24 x 30 menit            
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1   Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia



Perkembangbiakan makhluk hidup

A.   Perkembangan dan pertumbuhan manusia.




o  Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
o  bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
o  Menjelaskan dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari:
-   Satu bulan
-   Delapan bulan
-   Lima tahun
-   Belasan tahun
-   Usia dewasa
-   Lanjut usia


o  Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia


Tugas Kelompok




Laporan dan unjuk kerja








2 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   



2.2   Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan


Perkembangbiakan makhluk hidup

B.   Perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas.


o  Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia.

o  Memahami saat remaja (16 – 20 tahun) laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat.

o  Mengetahui pertumbuhan primer  dan sekunder pada laki-laki

o  Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada perempuan

o  Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi.


o  Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.

o  Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi


Tugas Individu




Uraian Objektif


Tugas 2.1

Tugas 2.2

2 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   


2.3   Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan



Perkembangbiakan makhluk hidup

C.   Perkembangbiakan hewan.
D.   Perkembangbiakan tumbuhan.



o  Mengerjakan tugas 2.3, 2.4, 2.5, 2.6, 2.7, 2.8
o  Mengetahui cara hewan berkembangbiak
-   Membelah diri dan bertunas
-   Bertelur
-   Melahirkan
-   Bertelur-melahirkan
o  Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas
-   Membelah diri : protozoa
-   Bertunas : anemon laut,
o  Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)
-   Merpati, elang, ayam,
-   Ikan, serangga dan amfibi
o  Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)
-   Kucing, Anjing, sapi, kijang
-   Pesut, lumba-lumba, paus
o  Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)
o  Menjelaskan  ciri hewan bertelur dan melahirkan

o  Perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua
-   Vegetatif
-   Generatif
o  Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
o  Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
o  Memahami perkembang biakan dengan stek
o  Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
o  Menyebutkan bagian-bagian bunga
o  Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
o  Menyebutkan cara-cara penyerbukan

o  Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
o  Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

o  Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
o  Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
o  Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o  Menjelaskan peran penyerbukan




o  Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.


Tugas Individu
Dan kelompok




Uraian Objektif

Tugas

Kegiatan


Tugas 2.3. Hlm.26

Tugas 2.4. Hlm.27

Tugas 2.5
Hlm. 32

Tugas 2.6. Hlm.34.

Tugas 2.7. Hlm.39.

Tugas.2.8. Hlm.41.


16 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI


Alat:
-  Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag.


2.4   Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia


Perkembangbiakan makhluk hidup

E.    Perkembangbiakan manusia.

o  Memahami cara manusia berkembangbiak manusia
o  Menjelaskan proses perkembangbiak manusia
Penyatuan sel telur dan sel sperma → pembuahan → embrio → perkembangan bayi dalam rahim → bayi
o  Mengetahui calon bayi memperoleh makan
o  Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal Hlm.48.



o  Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.


Tugas Individu




Uraian Objektif



Latihan soal

Uji kompetensi



4 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI


Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : VI

Semester                                 1 (satu)

Alokasi Waktu                      : 12 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Mengidentifik-asi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)


Keseimbangan ekosistem
A.   Berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Hlm.53







o  Memahami peta konsep tentang keseimbangan ekosistem

o  Menyebutkan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
-   Penebangan dan pembakaran hutan
-   Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan
-   Perburuan liar
-   Perusakan terumbu karang
-   Pembangunan industri (pabrik)

o  Menjelaskan dampak dari kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem

o  Siswa berdiskusi mengenai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem

o  Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan.

o  Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.


Tugas Kelompok



Laporan
Hasil diskusi

Uraian Objektif




Tugas 3.1
Hlm.50



4 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   

3.2 Mengidentifika-si bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan



Keseimbangan ekosistem

B.   Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. Hlm.57



o  Memahami bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya,
-   kayu jati (mebel, pintu, dan jendela)
-   kayu cendana (bahan keranjinan, kosmetik, minyak cendana)
-   batang gaharu (minyak astiri)
-   batang rotan (mebel dan kerajinan tangan)
o  Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana.


o  Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*).

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.


Tugas Individu




Uraian Objektif





2 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI


Alat:
-   

3.3 Mengidentifika-si bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan


Keseimbangan ekosistem

B.   Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. Hlm.57






o  Mengerjakan uji kompetensi
o  Memahami bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya,
-   Macan tutul dan harimau (mantel dan permadani)
-   Cenderawasih (topi)
-   Badak (cula)
-   Gajah (gading untuk hiasan rumah)
o  Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana.
o  Menyebutkan cara menanggulangi perburuan dan pemusnahan
-   Melindungi hewan dan tumbuhan langkah
-   Melakukan  pembudidayaan hewan dan tumbuhan langkah
-   Menggunakan bahan pengganti dari tumbuhan, hewan ternak atau sintesis


o  Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti gading gajah dan kulit ular *).

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).


Tugas Individu




Uraian Objektif




Uji Kompetensi
Hlm. 59

Latihan soal
Hlm.61


6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : VI

Semester                                 1 (satu)

Alokasi Waktu                      : 10 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1    Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan



Pelestarian makhluk hidup
A.   Hewan dan tumbuhan langkah.




o  Memahami peta konsep tentang Mengerjakn tugas 4.1 dan 4.2
o  Memahami hewan dan tumbuhan yang hampir punah disebut hewan dan tumbuhan langkah
o  Menyebutkan hewan yang dilindungi
-   Burung cendrawasih
-   Burung jalak
-   Badak bercula satu
-   Harimau sumatera
-   Komodo
-   Panda gorila
-   Orang utan
o  Membuat daftar dengan tabel hewan dan tumbuhan yang dilindungi
o  Menyebutkan hewan yang dilindungi
-   Bunga bangkai raksasa
-   Bunga rafflesia
-   Jamblang
-   Kesemek
-   Cendana


o  Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan



Tugas Individu

Tugas Kelompok



Laporan


Uraian Objektif




Tugas 4.1
Hlm. 69

Tugas 4.2
Hlm.70


4 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   

4.2    Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat


Pelestarian makhluk hidup
B.   Pentingnya pelestarian makhluk hidup.


o  Memahami peta konsep tentang hewan dan tumbuhan langkah
o  Memahami cara agar hewan dan tumbuhan tidak punah
-   Melindungi tempat hidupnya
-   Mengembangbiakkan
-   Melarang kepemilikan satwa yang dilindungi
o  Menyebutkan tempat lindung untuk hewan dan tumbuhan
-   Suaka margasatwa
-   Cagar alam
-   Taman nasional
-   Taman hutan raya
-   Taman wisata alam
o  Menyebutkan tempat khusus untuk mengembangbiakkan yaitu dengan membuat penangkaran, seperti penengkaran buaya
o  Mengerjakan uji kompetensi sebagai tolak ukur pemahaman materi keseimbangan ekositem


o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah

o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *).



Tugas Individu




Uraian Objektif




Uji kompetensi
Hlm.74

Latihan soal
Hlm.75


6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)








SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : VI

Semester                                 1 (satu)

Alokasi Waktu                      : 14 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1    Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda


Konduktor dan isolator panas
A.   Benda konduktor dan isolator panas.




o  Memahami peta konsep tentang benda
o  Melakukan kegiatan 5.1
o  Memahami peta konsep tentang benda
o  Memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
o  Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas
o  Menjawab soal pada lembar kegiatan
o  Memahami peta konsep tentang benda
o  Menyebutkan beberapa benda yang tergolong konduktor
-   Sendok
-   Paku,
o  Menyebutkan beberapa benda yang tergolong isolator
-   Plastik
-   Kayu
-   Kertas
-   tembok

o  Membedakan arti konduktor dan isolator.

o  Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas

o  Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas.


Tugas Individu

Tugas Kelompok



Laporan


Uraian Objektif




Kegiatan 5.1
Hlm.80


4 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu, benda-benda lain.


5.2    Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas


Konduktor dan isolator panas
B.   Bahan untuk membuat konduktor dan isolator panas.




o  Mengerjakan tugas 5.1
o  Menyebutkan kegunaan dari logam dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
-   Sendok
-   Paku
-   Panci
-   Penggorengan
-   Garpu

o  Menyebutkan sifat dari kaca tembus pandang dan keras
o  Menyebutkan kegunaan dari kaca dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
o  Mengulang materi sebelumnya
o  Menyebutkan sifat dari kayu dan plastik yaitu tidak menghantarkan panas
o  Menyebutkan kegunaan dari kayu dan plastik
-   Gagang payung
-   Gagagang wajan
-   Tatakan gelas
o  Menyebutkan sifat dari kain (bahan sandang) yaitu tidak menghantarkan panas
o  Menyebutkan kegunaan dari kain dan contoh benda di dapur pelapis saat tangan memegang paci dan penggorengan panas
o  Membuat daftar peralatan dapur yang terbuat dari isolator
o  Menyebutkan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator
-   Setrika
-   Alat patri
-   Alat masak
-   meja



o  Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator.

o  Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan.


Tugas Individu

Tugas Kelompok



Laporan


Uraian Objektif




Tugas 5.1
Hlm.81

Uji kompetensi
Hlm. 86

Latihan Soal
Hlm. 87


10 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-   
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : VI

Semester                                 1 (satu)

Alokasi Waktu                      : 14 x 30 menit
Standar Kompetensi             : 6. Memahami faktor penyebab perubahan benda

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan


Perubahan pada benda
A.   Faktor penyebab perubahan benda.



o  Memahami peta konsep tentang perubahan benda
o  Mengerjakan tugas 6.1 dan 6.2
o  Menyebutkan penyebab perubahan benda
-   Pelapukan
-   Perkaratan
-   Pembusukan
o  Memahami proses pelapukan
-   Pelapukan biologi
-   Pelapukan fisika
o  Menyebutkan cara mencegah proses pelapukan
o  Memahami proses perkaratan
o  Menyebutkan cara mencegah perkaratan dengan diskusi
o  Memahami penyebab pembusukan pada makanan
o  Menyebutkan cara mencegah pembusukan
-   Memberi bahan pengawet
-   Memanaskan makanan
-   Mengasinkan makanan
-   Mengasapkan makanan
-   Menyimpan makan di kulkas
o  Menyebutkan bahan pengawet alami dan buatan


o  Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o  Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda
o  Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o  Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.


Tugas Individu

Tugas Kelompok



Laporan


Uraian Objektif




Tugas 6.1
Hlm.95

Tugas 6.2
Hlm.97



6 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Paku baru, air, gelas plastik, roti tawar,


6.2 Mengidentifik-asi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari


Perubahan pada benda
B.   Faktor penentu dalam memilih benda atau bahan

o  Memahami peta konsep perubahan pada benda
o  Melakukan kegiatan 6.1
o  Menyebutkan kegunaan masing-masing benda sesuai dengan sifat-sifatnya
o  Mengerjakan uji kompetensi
o  Membahas latihan soal. Hlm.109
o  Latihan ulangan semester.


o  Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o  Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


Tugas Individu

Tugas Kelompok



Laporan


Uraian Objektif




Kegiatan 6.1
Hlm.101

Uji kompetensi
Hlm.77

Latihan soal Hlm.105

Latihan ulangan umum Hlm.109



8 jp

Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas VI

Alat:
-  Ember, cangkul, pintu rumah


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)









Mengetahui,
Kepala Sekolah ..........................



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................

..........................................  20 .....
Guru Mapel IPA ( SAINS )



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar