Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator | : : : : : : : | Bahasa Arab III (tiga)/ 1 1-5 5 x 35 menit 1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di rumah, benda-benda di ruang makan, makanan dan minuman 1.1. Mengenal mufrodat tentang benda-benda di rumah 1.2 Mendemonstrasikan mufrodat tentang benda-benda di rumah
|
I. Tujuan Pembelajaran | : | Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal mufrodat tentang benda-benda di rumah dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar |
II. Materi Ajar | : | 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah |
III. Metode Pembelajaran | : | Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
| o Appersepsi dan Absensi o Menanyakan materi yang sudah disampaikan o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang benda-benda di rumah o Melafalkan 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah dengan lafal yang benar o Menyebutkan 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah melalui alat peraga o Membaca 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah dengan kaidah membaca yang benar o Mengartikan 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah o Menyalin tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah dengan kaidah penulisan yang benar o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah dengan kaidah penulisan yang benar o Mencocokkan 10 mufrodat tentang benda-benda di rumah dengan gambar yang tersedia o Menunjukkan hafalan tentang benda- benda di kelas melalui alat peraga o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan o Memberikan Tugas latihan/PR o Doa/Penutup |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar | : | White board/Black Board, spidol,kapur, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat |
VI. Penilaian | : | Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator | : : : : : : : | Bahasa Arab III (tiga)/ 1 6-10 5 x 35 menit 1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di rumah, benda-benda di ruang makan, makanan dan minuman 1.1. Mengenal mufrodat tentang benda-benda di ruang makan 1.2 Mendemonstrasikan mufrodat tentang benda-benda di ruang makan
|
I. Tujuan Pembelajaran | : | Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal mufrodat tentang benda-benda di ruang makan dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar |
II. Materi Ajar | : | 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan |
III. Metode Pembelajaran | : | Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
| o Appersepsi dan Absensi o Menanyakan materi yang sudah disampaikan o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang benda-benda di ruang makan o Melafalkan 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan dengan lafal yang benar o Menyebutkan 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan melalui alat peraga o Membaca 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan dengan kaidah membaca yang benar o Mengartikan 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan o Menyalin tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan dengan kaidah penulisan yang benar o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan dengan kaidah penulisan yang benar o Mencocokkan 10 mufrodat tentang benda-benda di ruang makan dengan gambar yang tersedia o Menunjukkan hafalan tentang benda- benda di ruang makan melalui alat peraga o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan o Memberikan Tugas latihan/PR o Doa/Penutup |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar | : | Blackboard/White board, spidol, kapur, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat |
VI. Penilaian | : | Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator | : : : : : : : : | Bahasa Arab III (tiga)/ 1 11-13 3 x 35 menit 1. Mengetahui mufrodat tentang benda-benda di rumah, benda-benda di ruang makan, makanan dan minuman 1.1. Mengenal mufrodat tentang makanan dan minuman 1.2.Mendemonstrasikan mufrodat tentang makanan dan minuman o Melafalkan 5 mufrodat tentang makanan dan minuman dengan lafal yang benar o Membaca 5 mufrodat tentang makanan dan minuman dengan kaidah membaca yang benar o Menulis 5 mufrodat tentang makanan dan minuman dengan kaidah penulisan yang benar o Menghafal 5 mufrodat makanan dan minuman melalui alat peraga |
I. Tujuan Pembelajaran | : | Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal mufrodat tentang makanan dan minuman sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar | |
II. Materi Ajar | : | 10 mufrodat tentang makanan dan minuman |
III. Metode Pembelajaran | : | Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
| o Appersepsi dan Absensi o Menanyakan materi yang sudah disampaikan o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
o Menunjukkan hafalan 5 mufrodat tentang makanan dan minuman melalui alat peraga o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan o Memberikan Tugas latihan/PR o Doa/Penutup |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar | : | Blackboard/White board,kapur, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat |
VI. Penilaian | : | Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator | : : : : : : : : | Bahasa Arab III (tiga)/ 1 14-16 5 x 35 menit 2.Mengetahui dan memahami mufrodat tentang nama-nama hari, bilangan dan lambang bilangan dalam bahasa Arab 1.1.Mengenal mufrodat tentang nama-nama hewan 1.2.Mendemonstrasikan mufrodat tentang nama-nama hewan o Melafalkan mufrodat tentang nama-nama hari dengan lafal yang benar o Membaca mufrodat tentang nama-nama hari dengan lafal yang benar o Menulis mufrodat tentang nama-nama hari dengan kaidah penulisan yang benar o Menghafal mufrodat tentang nama-nama hari dengan lafal yang benar |
I. Tujuan Pembelajaran | : | Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal mufrodat tentang nama-nama hari sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar |
II. Materi Ajar | : | mufrodat tentang nama-nama hari |
III. Metode Pembelajaran | : | Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Akhir/Evaluasi | o Appersepsi dan Absensi o Menanyakan materi yang sudah disampaikan o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan o Melafalkan mufrodat tentang nama-nama hari dengan lafal yang benar o Menyebutkan mufrodat tentang nama-nama hari melalui alat peraga o Membaca mufrodat tentang nama-nama hari dengan kaidah membaca yang benar o Mengartikan mufrodat tentang nama-nama hari o Menulis 5 mufrodat tentang nama-nama hari dengan kaidah penulisan yang benar o Mengurutkan mufrodat tentang nama-nama hari o Menunjukkan hafalan tentang nama-nama hari melalui alat peraga o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan o Memberikan Tugas latihan/PR o Doa/Penutup |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar | : | White board, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat |
VI. Penilaian | : | Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator | : : : : : : : : | Bahasa Arab III (tiga)/ 1 16-17 4 x 35 menit 2.Mengetahui dan memahami mufrodat tentang nama-nama hari, bilangan dan lambang bilangan dalam bahasa Arab 2.1.Mengenal mufrodat tentang bilangan dan lambang bilangan dalam bahasa Arab. 2.2. Mendemonstrasikan mufrodat tentang bilangan dan lambang bilangan dalam bahasa Arab. o Melafalkan bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan lafal yang benar o Membaca bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan lafal yang benar o Menulis bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan kaidah penulisan yang benar o Menghafal bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan lafal yang benar |
I. Tujuan Pembelajaran | : | Siswa mampu melafalkan, membaca, menulis dan hafal bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab sesuai dengan kaidah pelafalan dan penulisan yang benar |
II. Materi Ajar | : | Bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab |
III. Metode Pembelajaran | : | Oral method, Drill, Asosiasi & Visualisasi/peragaan |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
| o Appersepsi dan Absensi o Menanyakan materi yang sudah disampaikan o Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan tentang bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab o Melafalkan bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan lafal yang benar o Menyebutkan bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan lafal yang benar melalui alat peraga o Membaca bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan kaidah membaca yang benar o Menulis bilangan dan lambang bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan kaidah penulisan yang benar o Menyalin tulisan bilangan puluhan dalam bahasa arab dengan kaidah penulisan yang benar o Menyempurnakan huruf yang kurang pada tulisan bilangan puluhan dengan kaidah penulisan yang benar o Mengurutkan lambang bilangan puluhan dengan urutan yang benar o Mencocokkan bilangan dan lambang bilangan puluhan dengan gambar yang tersedia o Membuat gambar sejumlah lambang bilangan yang ditentukan o Menunjukkan hafalan bilangan puluhan dalam bahasa arab melalui lagu dan gambarudah disampaikan o Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan o Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah disampaikan o Memberikan Tugas latihan/PR o Doa/Penutup |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar | : | Blackboard/White board, kapur, spidol, karton untuk gambar/Buku Bahasa Arab kelas 1 untuk kalangan sendiri, Buku al Arabiyyah lil hayat |
VI. Penilaian | : | Teknik : Lisan dan tertulis, Bentuk : Objektif dan non objektif, Instrumen : portofolio/daftar ceklis |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar